Search this blog

Thursday, August 6, 2009

PACIFIC PLACE JAKARTA DISPLAYS INDONESIAN MASTERPIECES OF ART THIS MONTH





Come and witness how one of the most luxurious Shopping Mall in Jakarta turns into Museum of Art this month..













Press Release ( Indonesian ) :

Jakarta, Juli 2009

Dunia seni rupa Indonesia terus mendapatkan perhatian yang besar baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terbukti dengan banyaknya karya seniman Indonesia yang berjaya di pameran maupun festival seni rupa internasional. Semakin hari semakin banyak seniman yang lahir dan mengembangkan berbagai ide kreatif dan inovatif. Dengan banyaknya seniman dan karya seni rupa yang hadir, sangat terasa bahwa Indonesia sebagai ‘pabrik’ seniman sangat kekurangan kegiatan dengan skala besar yang dapat dipergunakan oleh para seniman untuk berapresiasi dan memamerkan karya-karya nya secara luas.

Sehubungan dengan hal tersebut, majalah Bazaar Indonesia sebagai majalah fashion dan lifestyle, merasa terpanggil untuk melaksanakan kegiatan dengan skala luas dalam bentuk festival seni rupa dan sebagai sarana untuk mengapresiasi seni rupa Indonesia. Keterlibatan majalah Bazaar Indonesia di dunia seni rupa bukan merupakan hal baru, dimana di setiap penerbitannya, majalah Bazaar Indonesia memberikan porsi yang cukup besar untuk dunia seni rupa Indonesia. Secara konsisten majalah Bazaar Indonesia mengangkat karya-karya seniman Indonesia dalam bentuk editorial dan dukungan dalam berbagai kegiatan pameran seni. Selain majalah Bazaar Indonesia kegiatan ini juga dipersembahkan oleh majalah Esquire Indonesia dan majalah Bravacasa Indonesia.

Kegiatan festival seni rupa yang pertama diadakan ini diberi nama “BAZAAR ART JAKARTA 2009 - Indonesian Art Festival” dan akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Agustus 2009 di Ballroom I Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Indonesia. Dengan mengambil tema tahun ini yaitu “Celebrating Indonesian Treasures” kegiatan festival ini akan menampilkan berbagai pameran dan kegiatan yang mengangkat kekayaan seni rupa yang telah menjadi harta yang berharga bagi bangsa Indonesia, baik dari karya maupun si senimannya itu sendiri. Dengan diikuti oleh lebih dari 22 galeri dan balai lelang, festival ini akan menampilkan suatu sajian yang kaya dan memberikan nafas baru di dunia seni Indonesia.

Berbagai kegiatan juga akan ditampilkan seperti:

TALK ART

Kegiatan bincang-bincang seputar dunia seni rupa Indonesia, menghadirkan berbagai tema mulai dari investasi dunia seni rupa, perkembangan seni rupa terbaru sampai Indonesian Antiques. Berbagai pakar seni rupa dan seniman akan ditampilkan untuk memberikan wacana, wawasan dan pandangan nya terhadap perkembangan seni rupa Indonesia.

KIDS ART

Kegiatan seni untuk anak-anak yang diorganisir oleh Hadiprana seperti lomba gambar, kelas belajar mengenai warna, field trip untuk membuka wawasan seni kepada anak-anak dan kelas belajar membatik.

MALL ART

Kegiatan pameran seni rupa publik di dalam mall yang dapat dinikmati secara luas yang dikuratori oleh Rizky Zaelani. Pameran dengan tema A MAZE akan diikuti oleh lebih dari 50 seniman yang menampilkan berbagai karya seni rupa mulai dari patung, seni instalasi, fotografi sampai mural.


Selain itu juga akan dihadirkan beberapa area khusus seperti

Islamic Art Section

Pameran karya-karya seni rupa bertema Islam menampilkan karya-karya seniman senior seperti Sadali, AD Pirous juga seniman-seniman baru yang berpotensi.

Area Museum Pasifika

Museum Pasifika yang berlokasi di Nusa Dua Bali akan memamerkan koleksi-koleksinya yang sudah menjadi aset berharga bangsa Indonesia. Lukisan dengan tema Indonesia karya nama-nama besar internasional.

Area Koleksi Pribadi Bapak Fauzi Bowo- Gubernur DKI Jakarta

Bapak Fauzi Bowo selaku gubernur DKI Jakarta merupakan kolektor besar seni rupa Indonesia. Apresiasinya terhadap dunia seni Indonesia menjadikan koleksi Bapak Fauzi Bowo sebagai suatu rangkaian koleksi yang layak untuk dinikmati dan untuk pertama kalinya akan ditampilkan untuk umum.

Area Indonesian Odyssey

Selain kaya dengan seniman besar, Indonesia juga kaya dengan para kolektor yang mendedikasikan diri untuk kemajuan seni rupa Indonesia. Koleksi para kolektor ini dirangkum dalam satu buku yaitu “Indonesian Odyssey” dan dalam kegiatan ini para kolektor tersebut akan berpartisipasi dengan memamerkan koleksi mereka yang sangat berharga.

Peserta Pameran

GALERI

  • Andi’s Gallery
  • Artsphere
  • D Gallery
  • Edwin’s Gallery
  • Emmitan Ca Gallery
  • Garis Art Space
  • Galeri Canna
  • Galeri Langeng
  • Galeri Mon Décor
  • Hanna Artspace
  • Kendra Gallery
  • Kupu-Kupu Art Projects Management
  • Museum Rudana & Rudana Fine Art Gallery
  • Nadi Gallery
  • Puri Art Gallery
  • SigiArt
  • Srisasanti Arthouse
  • Vivi Yip Art Room
  • Zola Zolu Gallery

BALAI LELANG

  • Sotheby’s


BAZAAR ART JAKARTA 2009 sebagai festival seni rupa terbesar di Indonesia ini juga dipersembahkan oleh:

BRI Platinum

Sebagai produk premium dari Bank BRI, bank terbesar di Indonesia, BRI Platinum senantiasa mendedikasikan diri untuk pengembangan warisan budaya Indonesia, salah satu program dijalankan adalah dengan pengembangan kain batik Kanoman Cirebon melalui Perkumpulan Nurani Budaya.

BMW Indonesia

Produsen luxury car dari Jerman ini akan menampilkan lini terbarunya yaitu tipe Z4 dan menggunakan karya seni sebagai bagian dari kampanye internasional yang dikomunikasikan dengan tema “An Expression of Joy”. Dalam kegiatan Bazaar Art Jakarta 2009 akan ditampilkan sebagian dari lukisan karya seniman internasional Robin Rhode yang menggunakan BMW Z4 sebagai alat untuk melukis di atas kanvas seukuran lapangan bola.

Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

Pacific Place sebagai mall terbaru di Jakarta telah memantapkan dirinya sebagai tujuan dan pusat perbelanjaan berkelas di jantung ibu kota Jakarta. Dengan area yang luas, tertata rapih dan akses yang mudah, menjadikan Pacific Place dan Ritz Carlton sebagai tempat yang paling tepat untuk pelaksanaan kegiatan besar ini.

Pemerintahan DKI Jakarta, Enjoy Jakarta

Sebagai tuan rumah pelaksanaan, DKI Jakarta siap untuk membantu dalam kelancaran pelaksanaan acara. Kegiatan ini juga akan menjadi agenda tahunan kegiatan promosi DKI Jakarta. Kegiatan tahun ini akan dibuka secara langsung oleh Bapak Fauzi Bowo – Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 27 Agustus 2009.

AGSI, Asosiasi Galeri Senirupa Indonesia

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari AGSI yang beranggotakan galeri-galeri seni rupa di seluruh Indonesia, partisipasi dan dukungan AGSI tentunya akan lebih memberikan warna dalam pelaksnaan Bazaar Art Jakarta.

Dukungan yang maksimal dari partner pelaksana kegiataan, akan menjadikan Bazaar Art Jakarta 2009 sebagai kegiatan yang patut ditunggu dan menjadi kebanggaan Jakarta dan bangsa Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Dedy Koswara

Marketing Communications Manager

Majalah Bazaar Indonesia

Email : dedy.koswara@cosmopolitan.co.id

Fax : 021.3983 2585

www.artjakarta.com




No comments:

Post a Comment

Omega Constellation at Omega Boutique Pacific Place Jakarta Ground Floor